POJOKSATU.id, JAKARTA – PT Angkasa Pura I Yogyakarta menyediakan 32 penerbangan ekstra selama masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.
General Manager PT Angkasa Pura I Yogyakarta Agus Pandu Purnama menjelaskan, hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang
“Sesuai kebijakan, penerbangan tambahan akan dialihkan ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Kulon Progo,” katanya.
Meski demikian, tidak semua maskapai bisa mengajukan penerbangan tambahan ke YIA. Karena hanya khusus untuk maskapai yang memenuhi persyaratan, yakni pesawat yang punya kelengkapan berupa aplikasi “performance based navigation” (PBN).
“Di YIA, nagivasinya menggunakan sistem PBN sehingga pesawat yang belum menginstal navigasi ini, tidak bisa ekstra flight di bandara baru,” katanya.
Dirinya menyebutkan, salah satu maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra adalah Express Air. Namun, karena pesawat yang digunakan tergolong klasik dan belum dilengkapi sistem navigasi PBN, akhirnya diajukan di Bandara Adisutjipto.
“Selain itu, maskapai lain yang mengajukan slot penerbangan tambahan yakni Garuda, Citilink, dan Nam Air,” katanya.
Ditambahkan, dibanding periode sama tahun lalu, total pergerakan pesawat selama libur akhir tahun kali ini turun.
“Penurunan penerbangan ekstra ini sejalan dengan prediksi penurunan jumlah penumpang yang diperkirakan hingga 10 persen,” katanya.
Namun dibanding rata-rata harian, jumlah penumpang diprediksi akan naik sekitar lima persen.
(ant/jpnn/pojoksatu)


Thursday January 01, 1970